“Toba”

“Toba”

Tulisan inii saya buat pada pukul 20.15 jadi saya ucapkan selamat malam hehe 🙂

Oke, kali ini saya akan membahas sedikit tentang Danau Toba. Kenapa harus Danau Toba?

Jadi begini, saat saya sedang kuliah dengan matkul yang bernama “Mitigasi dan Manajemen Bencana”, dosen saya membahas sekilas mengenai Danau Toba. Beliau berkata bahwa Danau Toba berasal dari Gunung Toba, yaitu gunung supervulkanik yang meletus sebegitu dahsyatnya sekitar 73.000 – 75.000 tahun silam. Letusan Gunung Toba ini membuat kerusakan hingga setengah dari permukaan bumi benar-benar hancur. Keren bukan? hehe. Yang alhasil dari letusan tersebut terbentuklah cekungan yang sangat besar, kian lama kian penuh terisi oleh air sehingga jadilah Danau Toba “tekto-vulkanik” yang sekarang, dengan mangma yang terus menekan ke atas sehingga terbentuklah Pulau Samosir. Dosen saya mengatakan bahwa Toba ini memiliki siklus sekitar 70.000an tahun, sehingga kemungkinan dekat-dekat ini Toba akan meletus lagi. Oke, Pak, saya jadi takut 😀 .

Naaah, karena itu saya jadi penasaran seperti apa sih Toba ini, akhirnya saya mulai mencari-cari di youtube video mengenai meletusnya Gunung Toba iniii, dan setelah saya lihaaaaattt, waaaw Sungguh besar kuasa Tuhan dengan merombak alam yang sedemikian rupa, merapihkannya kemudian mempercantiknya hingga bisa kita tempati seperti saat ini. Dan katanya, air di Danau Toba mulai surut, apakah seperti itu? tentu saja tidak. sebenarnya bukan airnya yang surut tetapi magma yang ada di bawah Danau Toba ini terus menekan naik sehingga mengakibatkan naiknya daratan di sekitar Danau Toba. Inilah tanda-tandanyaa ehehhe. Kalau diberi kesempatan saya ingin mengunjungi Danau Toba, dan menikmati keindahan Pulau Samosir, selain itu juga ingin mengunjungi tempat di Sumatera Utara yang bernama Pusuk Buhit dan Sianjur Mula-mula. kenapa? yaaa nama-nama tempat itu saya dapatkan saat saya membaca novel gelombang karya Dee Lestari jadi saya begitu penasaran wkwkwk. Doakan saja yaaa 😀

Leave a Reply

